Kamis, 05 Oktober 2017

Perangkat Input dan Output Pada Komputer

Perangkat keras komputer (hardware) terdiri dari beberapa komponen seperti peralatan input (input device); Central Processing Unit (CPU); media penyimpanan atau memory; peralatan
output (output device); dan peralatan komunikasi (communication device). Masing-masing
alat tersebut saling mempunyai keterkaitan dalam proses pengolahan data di dalam komputer.



PERANGKAT INPUT

Perangkat input adalah perangkat yang berfungsi untuk memasukan data atau perintah dari
luar sistem ke dalam suatu memori dan prosesor untuk diolah guna menghasilkan informasi
yang diperlukan.


  • Keyboard

Keyboard adalah alat input yang digunakan untuk mengetik informasi ke dalam komputer dan
menjalankan berbagai instruksi atau perintah ke dalam komputer. Bila mendengar kata
“keyboard” maka pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah komputer, karena keyboard
merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan
simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya
papan tombol jari atau papan tombol.

Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar
rancangannya dibuat oleh Christopher Latham tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun
1877 oleh Perusahaan Remington. Jumlah seluruh tombol pada keyboard ada 104 tombol.
Keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Keyboard komputer
pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak
jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang
(punched card reader) sebagai alat input dan output.
  • Mouse
Mouse merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai penggerak kursor (pointer). Mouse
sendiri bisa dikategorikan peripheral utama komputer karena mouse merupakan perangkat
tambahan yang harus ada pada komputer yang menggunakan sistem operasi berbasis GUI.

Mouse pertama ditemukan oleh Douglas Engelbart dari Stanford Research Institute pada
tahun 1963. Kali pertama diperkenalkannya, mouse hanya memiliki dua alat mekanik
berbentuk roda sebagai menanda arah yang masing-masing mengacu pada sumbu X dan
sumbu Y. Mouse ini hanya memiliki satu tombol saja pada bagian atasnya. Dan bentuknya
masih terlihat sangat primitif. Mouse adalah satu dari beberapa alat penunjuk (pointing
device) yang dikembangkan untuk oN Line System (NLS) milik Engelbard. Selain mouse,
yang pada mulanya disebut “bug”, juga dikembangkan beberapa alat pendeteksi gerakan
tubuh yang lain, misalnya alat yang diletakkan di kepala untuk mendeteksi gerakan dagu.
Karena kenyamanan dan kepraktisannya, mouse-lah yang akhirnya dipilih.

Engelbart kemudian mematenkannya pada 17 November 1970, dengan nama Penunjuk posisi
X-Y untuk sistem tampilan grafis (X-Y Position Indicator For A Display System). Pada waktu
itu, sebetulnya Engelbart bermaksud pengguna memakai mouse dengan satu tangan secara
terus-menerus, sementara tangan lainnya mengoperasikan alat seperti keyboard dengan lima
tombol.
  • Trackball
Trackball adalah peranti penunjuk yang berupa sebuah bola yang berada di dalam sebuah alat
yang memiliki sensor gerakan. Bola jejak umumnya terdapat pada tetikus modern. Bola jejak menyimulasikan pergerakan vertikal tetikus, sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan
tetikus berulang kali untuk dapat menaikkan atau menurunkan layar.

Trackball memiliki fungsi yang sama dengan mouse, yaitu untuk memilih perintah-perintah
dari menu tampilan grafis. Bedanya, jika ingin menggerakkan pointer mouse di layar
diperlukan pergeseran mouse, sementara pada trackball dilakukan dengan menggulirkan bola
trackball dengan jari ke arah yang dikehendaki. Trackball biasanya digunakan pada komputer
laptop karena dapat menghemat ruang gerak, karena dapat ditempelkan langsung pada laptop.
Jenis piranti ini perlu sering dibersihkan karena lebih mudah ditempeli kotoran dari jari
tangan pengguna.

Alat yang digunakan untuk memindahkan kursor dengan cara menggerakkan bola (alat ini
mirip dengan mouse hanya bedanya pada mouse bola berada dibawah sedang pada trackball,
bola berada diatasnya). Trackball pertama tahun 1978 dan digunakan untuk game pertarungan
di Atari. Game pertama yang menggunakan Trackball adalah Atari Footbal. Tahun 1995
trackball menjadi standar perangkat yang digunakan untuk menjalankan game.

Prinsip kerja dari trackball hampir sama dengan mouse. Perbedaan utama terletak pada
konfigurasinya. Pada mouse operator harus menggerakkan seluruh badan dari mouse tersebut,
sedangkan pada trackball badan dari trakcball tersebut tetap diam, tetapi tangan operatorlah
yang menggerakkan bola untuk menunjukkan perpindahan kursor. Dengan cara demikian,
trackball cukup ditempatkan pada tempat yang sempit pada sebuah meja kerja. Arah dan
kecepatan kursor pada layar ditentukan oleh arah dan rotasi bola yang ada di atas badan
trackball.
  • Joystick
Joystick adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas atau tongkat yang dapat bergerak
ke segala arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari
plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam
komputer. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer.
Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang
dilengkapi lebih dari satu tombol.
  • Automated Teller Machine (ATM)
Mesin bank self-service yang menghubungkan ke host komputer melalui suatu jaringan.
  • Optical Reading Device (scanner)
Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotocopy. Mesin
fotocopy hasilnya dapat langsung kita lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya
ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu, kemudian baru dapat dirubah dan
dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan
sebagai file text, dokumen dan gambar. Scanner dalam bahasa Inggris berasal dari kata dasar
scan yang dalam Bahasa Indonesia sering dipadankan dengan istilah pindai, sehingga dalam
Bahasa Indonesia scanner adalah mesin pemindai atau cukup disebut pemindai saja. Istilah
pindai sendiri memang bukan istilah yang umum diucapkan atau didengar. Arti dari pindai
sendiri adalah melihat dengan teliti dan seksama, sehingga kurang lebih maksud dari
pemindai adalah alat yang dapat membaca data dengan teliti dan seksama.

PERANGKAT OUTPUT

Perangkat input adalah peralatan yang digunakan untuk melihat atau memperoleh hasil
pengolahan data / perintah yang telah dilakukan oleh komputer.
  • Monitor atau VDU
Visual Display Units (VDU) atau monitor digunakan untuk antarmuka secara visual dengan
komputer dan tampilannya seperti sebuah televisi. Monitor adalah peralatan yang
memungkinkan komputer untuk menampilkan informasi balik ke pengguna/user, dalam
bentuk teks maupun grafik. Monitor mempunyai ukuran yang bervariasi, 14", 15", 17" dan
lainnya. Semakin besar ukurannya (dalam inci), maka semakin mahal, dan semakin luas
gambar yang dapat ditampilkan pada monitor.
  • Printer
Ada beberapa variasi printer yang berbeda baik kecepatan maupun kwalitas cetakan. Ada dua
jenis printer, yaitu: impact dan non-impact. Printer Impact menggunakan print head yang berisi sejumlah jarum metal (metal pins) yang mengenai pita inked yang ditempatkan antara print head dan kertas. Beberapa print head hanya mempunyai 9 pin untuk membuat titik (dots) untuk membangun suatu karakter, ada juga yang mempunyai 24 pin yang menghasilkan resolusi yang lebih baik.
Salah satu contoh printer yang menggunakan 9 pin adalah Epson LX-300 dan 800,
sedangkan yang menggunakan 24 pin adalah LQ (Letter Quality) 1170 dan 2180.
  • Speaker
Fungsi speaker pada komputer sama dengan fungsi speaker pada perangkat audio sistem.
Yang membedakan secara garis besar hanyalah pada ukurannya. Speaker pada komputer
dibuat se-efisien mungkin agar tidak terlalu memerlukan banyak tempat. Namun pada
pengguna tertentu terkadang menghubungkan output sound mereka pada perangkat speaker
lainnya untuk lebih memberikan kepuasan yang lebih.
  • Data Projector
Alat yang mengambil image dari layar komputer dan diproyeksikan ke layar yang lebih besar.
  • Plotter
Plotter secara prinsip memiliki fungsi yang sama dengan printer. Yang membedakan secara
umum adalah ukurannya. Plotter mampu mencetak pada kertas dengan ukuran A0, dan
biasanya digunakan untuk mencetak peta dan gambar ukuran besar lainnya.
Plotter juga mengalami perkembangan yang cukup pesat, yang dimulai hanya dengan
menggunakan pena sebagai alat cetak, hingga saat ini telah menggunakan inkjet dan bubuk
tinta (Laser jet).


EmoticonEmoticon